Jumat, 02 Agustus 2013

Tips Aman Berinternet Ini Cara Melindungi Keluarga Saat Berinternet

Teknologi terkadang cukup rumit, tapi Anda tidak perlu menjadi seorang ilmuwan komputer atau ahli keamanan untuk tetap merasa aman saat online. Melindungi pengguna Internet merupakan salah satu prioritas utama di Google. Dengan alat yang mudah digunakan untuk membantu mengelola informasi di dunia maya atau melawan orang-orang jahat di balik layar, Google terus berinvestasi untuk membuat layanan terbaik yang bisa Anda andalkan, dengan fitur keamanan dan privasi yang bekerja selama 24 jam, 7 hari non-stop.
Tahun lalu, Google meluncurkan “Tenang Rasanya”, kampanye edukasi konsumen terbesar yang berfokus untuk membuat dunia web yang lebih aman, lebih nyaman. Sekarang “Tenang Rasanya” telah diperbaharui untuk menambahkan beberapa tips dan saran untuk membantu melindungi Anda dan keluarga dari pencuri, penipu dan kecurangan online.  Anda juga dapat mempelajari bagaimana membuat komputer atau perangkat mobile lebih aman dan mendapatkan lebih banyak manfaat dari Web – mulai dari pencarian yang lebih efektif  hingga melakukan panggilan telepon dari komputer Anda.  Dan Anda dapat mengetahui bagaimana Google bekerja untuk membuat Anda, perangkat Anda dan seluruh Web, menjadi lebih aman.
Sebagai contoh, Google meng-enkripsi lalu lintas data di Gmail dan pencarian di Google antara komputer Anda dan Google – ini membantu melindungi aktifitas Anda di Google dari penyadapan oleh pihak lain. Google juga membuat proteksi ini, yang dikenal sebagai SSL encryption, menjadi fitur standar ketika Anda masuk ke Google Drive.  Karena perangkat lunak yang sudah ketinggalan zaman membuat komputer Anda lebih rentan mengalami masalah keamanan, Google membuatbrowser Chrome yang secara otomatis akan mengunduh versi terbaru setiap kali Anda membuka aplikasinya.  Hal ini memberikan proteksi keamanan terkini tanpa mengharuskan Anda melakukan usaha lebih.
Meskipun Anda tidak menggunakan Google, perusahaan pencarian terpopular ini tetap bekerja keras untuk membuat dunia internet lebih aman.  Setiap harinya, Google mengidentifikasi lebih dari 10,000 situs web yang tidak aman - dan informasi ini disalurkan ke pengguna serta perusahaan web lainnya. Google memberikan peringatan untuk lebih dari 14 juta hasil pencarian Google dan 300,000 downloads, menginformasikan kepada pengguna bahwa ada sesuatu yang mencurigakan dari sebuah situs web atau tautan.  Google juga sharing data tersebut dengan perusahaan online lainnya agar mereka dapat memperingatkan pengguna mereka.
Keamanan di dunia web sangatlah penting bagi Anda khususnya anak Anda - dan hal ini juga penting bagi Google. Bisa jadi Gmail, foto atau dokumen yang Anda miliki dalam Akun Google – apapun yang Anda miliki, Google bekerja keras untuk memastikan hal tersebut terlindungi dari orang – orang jahat.  Luangkan lah waktu 5 menit Anda untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini dan membantu untuk membuatnya lebih aman. Mari kita mulai dengan kunci untuk membuka akun yaitu password Anda:
  1. Gunakan password yang berbeda untuk setiap layanan penting: Pastikan Anda memiliki password yang berbeda untuk setiap akun online penting yang Anda miliki
  2. Buatkah kata sandi Anda sulit untuk ditebak: Google tidak membatasi password yang panjang, buatlah yang aneh!
  3. Simpan sandi Anda di tempat yang aman: Chrome dan banyak web browser memiliki manajer password gratis yang dibangun didalamnya
  4. Mempersiapkan recovery option: Setting a recovery option, seperti alamat email alternatif atau nomor telepon, dapat membantu memberikan penyediaan layanan lain untuk menghubungi Anda jika Anda terkunci dari akun Anda
Google telah membuat sejumlah kemajuan besar untuk membantu melindungi Akun Google Anda dari orang-orang yang ingin masuk ke dalamnya, tetapi untuk saat ini, membuat sandi yang unik dan kuat masih menjadi cara penting untuk melindungi account online Anda. Silakan menggunakan waktu beberapa menit hari ini untuk mereset password penting Anda dengan menggunakan tips di atas, dan tunggu tips keamanan selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar