Minggu, 14 Juli 2013

Efek ala Hollywood di Video Ponsel


Bayangkan jika di video yang kamu besut dengan kamera smartphone tiba-tiba ada adegan rudal yang meluncur dan meledak hebat serta terlihat seperti sungguhan? Bisa juga, ketika kamu merekam jalanan depan rumah lalu pada video rekamannya terlihat sebuah helikopter meluncur jatuh dan terbanting ke jalanan hingga meledak? Ya semuanya terlihat nyata karena efek seperti yang ada di fi lm-fi lm aksi Hollywood. Hanya saja ini semua dibuat langsung di smartphone saja. Untuk pengguna smartphone Android, ada sejumlah aplikasi seperti ini yang dapat kamu gunakan. Dengan aplikasi-aplikasi special effect ini video biasa dijamin akan jadi mencengangkan teman kamu yang melihatnya. Salah satu aplikasi yang dapat kamu pakai untuk membuat video keren adalah FxGuru: Movie FX Director buatan Picadelic. Aplikasi ini gratis, namun untuk efek yang disediakan gratis hanya tiga saja (yang satu dapat di-download setelah kamu memberikan “like” lewat akun Facebook). Efek lain bisa dibeli. Efek yang gratis terdiri dari efek pesawat UFO, tong berisi dinamit, dan juga jatuhnya bangkai satelit dari luar angkasa. Cara pakainya tidak sesulit yang dibayangkan, karena kamu cukup merekam video sesuai dengan efek yang akan digunakan lalu tinggal memilih efek yang diinginkan. Begini caranya…
1. Jalankan aplikasi FxGuru setelah diinstal dari Google PlayStore. Selanjutnya, tap [Start]. Ada beberapa pilihan efek khusus pada jendela “Choose Effect” mulai dari efek bom hingga UFO.
2. Setiap efek spesial ditampilkan tema dan juga hasil jadinya. Untuk melihat sampel efek tersebut, pilih salah satu efek khusus lalu lihat hasilnya pada jendela preview yang ada.
3. Untuk efek khusus yang gratis biasanya ditandai dengan label nama efek yang bewarna abu-abu, bukan kuning. Untuk yang kuning harus kamu beli dulu sebelum digunakan.
4. Setelah memilih efek yang kamu suka, tap efek tersebut. Setelah jendela efek yang dipilih muncul, tap [Start]. Kamera akan aktif dan kamu bisa merekam. Pola efek dari efek khusus akan tampil.
5. Pastikan pola efek khusus yang muncul berada di ruang kosong yang sesuai dengan adegan yang muncul. Rekam pada area tersebut hingga bar rekam di bawah layar menunjukkan “Finish”.
6. Pada jendela berikut yang muncul, pilih akurasi efek hingga efek suara, Pilih saja opsi yang paling maksimal, lalu tap [OK]. Tunggu hingga proses rendering kelar.
7. Proses rendering akan ditampilkan dalam bentuk bar. Tunggu hingga 100%. Setelah selesai, tombol [Play] besar akan tampil di layar. Untuk melihat hasilnya, tap tombol tersebut dan lihat hasil efeknya.
8. Video dapat di-share ke media sosial dengan mengetap [Share] lalu pilih media sosial yang diinginkan. Video-video dengan efek khusus keren tersebut akan tersimpan di “Gallery”.






Menjajal Epic Movie
Aplikasi lain yang juga dapat digunakan adalah Epic Movie. Aplikasi ini menyediakan efek-efek khusus secara gratis namun memang tidak banyak. Ada efek pesawat dan helikopter jatuh hingga pelontar granat. Hasilnya semulus FXGuru dan tersedia gratis juga di Google Play Store.


0 komentar:

Posting Komentar