Senin, 27 Juni 2011

Jenis dan Teknologi Processor Smartphone 2011

Jenis dan teknologi processor smartphone Tahun 2011


System-on-a-chip atau disingkat SoC adalah sitem terintegrasi semua komponen dari sebuah komputer atau sistem elektronik lainnya ke dalam satu sirkuit terpadu (chip). Ini mungkin berisi digital, analog, sinyal campuran, dan fungsi frekuensi radio - semua pada substrat chip tunggal. (embedded system) atau kasar nya ini merupakan isi perut dari (android, Apple dan Blackberry) sebagian besar smartphone dan juga tablet PC yang ada sekarang, teknologi berbasis ARM cortex A9 merupakan perkembangan terkini dari versi sebelumnya yaitu cortex A8.

Produsen SoC antara lain :


-Texas Instrument

-Samsung

-Qualcomm

-Marvel

-Dan terakhir pendatang baru, yaitu NVIDIA.

Sebelumnya NVIDIA sudah memproduksi processor jenis SoC dengan codename TEGRA, namun dipasaran kurang berhasil dan tenggelam seiring dengan perkembangan teknologi SoC jenis terbaru.

Pada tahun ini keluar berbagai macam jenis SoC, dan akan dipergunakan oleh berbagai produsen smartphone.


Kita coba lihat masing-masing teknologi yang akan dipakai oleh para produsen tersebut :


+Texas Instrumen OMAP4

Teknologi produksi yang dipakai masih sama dengan jenis sebelumnya yaitu OMAP3 dengan pabrikasi 45nm, namun memiliki kecepatan lebih baik dengan peningkatan kinerja 25 persen. Menggunakan dual core cortex A9 dan Performa GPU dan juga I/O pada grafis merupakan perbedaan utama dibanding versi sebelumnya, teknologi yang ditanamkan yaitu Imagination Technologies POWERVR SGX540 yang juga dipakai pada tablet PC berbasis cortex 8 seperti Samsung Galaxy Tab yang ada saat ini, graphic core tersebut digabungkan dengan modul IVA3 hardware accelerator dan Image Signal Processor (ISP) versi 8.

0 komentar:

Posting Komentar