Kamis, 16 Juni 2011

Membuat Proteksi File

Saya akan bagikan sebuah tips untuk memproteksi file-file pribadi anda agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. Bukan hanya dengan cara konservatif seperti meng-hidden file atau folder anda, karena cara ini sudah umum dan pasti bisa dipecahkan oleh orang dengan kemampuan komputer sekelas novice sekalipun. Cara yang akan kita gunakan yaitu dengan mengubah ekstension dari sebuah file. Tapi Kalau anda sudah tahu cara ini ya tidak perlu melanjutkan membaca posting ini.

Seperti yang diketahui dalam dunia komputer nama tiap file terdiri dari dua bagian yang dipisahkan oleh tanda titik, bagian yang pertama adalah nama file itu sendiri dan bagian yang kedua (biasanya terdiri dari 3 karakter) merupakan ekstension dari file yang menunjukkan jenis file tersebut atau pada OS Windows digunakan menentukan file tersebut akan dibuka dengan aplikasi apa(default). Bagian kedua inilah yang akan kita utak-atik agar file kita hanya bisa dibuka oleh kita.

Peralatan Yang diperlukan :
Windows Explorer;
Ingatan yang cukup.
Langkah-langkah :

Dalam kondisi default, tampilan jendela windows Explorer tidak akan menampilkan nama file secara penuh, melainkan hanya nama depan tanpa ekstension. Berikut cara menampilkan extension file pada windows explorer yaitu lewat jendela Folder Option : Tools > Folder Option

Akan tampak jendela Folder Option Sbb :




Pilih Tab View

di kotak Advanced Settings cari "Hide extensions for known file types" dan uncheck kotaknya trus Apply perubahan yang telah dilakukan.

Ini akan membuat Windows Explorer menampilkan extension dari sebuah file.





Tampilan Windows Explorer akan seperti ini :




Setelah muncul extension dari file tersebut barulah kita rubah extension yang asli menjadi yang baru dengan cara me-rename file tersebut (klik kanan pada file trus rename). Ingat yang perlu kita ubah disini hanya extension dari file tersebut (setelah tanda titik(.)).

Misalkan untuk file gambar berekstensi .jpg dapat kita rubah menjadi .doc , sehingga bila orang lain ingin membuka file kita dengan mengklik file gambar tersebut akan langsung terbuka di MS Word dan akan mendapati kode binary yang membingungkan.

Untuk membuka kembali file tersebut sesuai dengan aslinya anda tidak perlu merestore lagi extension file tersebut, cukup dengan mengklik kanan file tersebut lalu pilih Open with... dan gunakan program yang sesuai untuk membuka jenis file anda.

Berikut ini beberapa extension file yang saya ketahui
doc................................................. untuk file MS Word
xls.................................................. untuk file MS Excell
ppt................................................. untuk file MS Powerpoint
jpg................................................. untuk file gambar
dwg............................................... untuk file autocad
docx.............................................. untuk file MS Word 2007
xlsx............................................... untuk file MS Excell 2007
pptx.............................................. untuk file MS Powerpoint 2007
Itulah kiranya diperlukan ingatan agar file yang kita rubah extensionnya dapat kita buka lagi dengan program yang sesuai dengan extension aslinya.

Cara ini mungkin dianggap kurang praktis karena harus dikerjakan untuk tiap file dan tidak bisa langsung per folder, tapi memang cukup jitu, terutama bila diterapkan kepada file-file video rahasia anda yang tidak ingin dilihat oleh orang lain.

Semoga bisa membantu.....

1 komentar: